Breaking News
Loading...
Kamis, 01 Januari 2015

Optimasi SEO OnPage untuk mendongkrak posisi blog

Dunia Blog pada kesempatan kali ini akan sedikit membahas perihal optimasi SEO OnPage untuk mendongkrak posisi sebuah blog pada hasil pencarian mesin telusur (SERP). Dunia Blog beranggapan bahwa hal ini menjadi penting karena akan ada penerapan algoritma Google MobileGeddon sebagai algoritma Google yang baru.

Pada artikel terdahulu telah kami bahas tentang dan seputar optimasi blog secara umum, namun pada artikel kali ini, kami batasi pembahasannya hanya pada masalah seputar SEO OnPage agar lebih fokus.

Dunia Blog

Diakui ataupun tidak, hingga saat pihak Google tetap memperhatikan faktor SEO OnPage dalam hal menentukan peringkat tampilan hasil penelusurannya. Hal ini telah saya buktikan dengan memaksimalkan fungsi-fungsi SEO OnPage ini, maka beberapa blog yang saya miliki telah dan tetap mampu bertengger pada halaman pertama hasil pencarian Google dengan menggunakan satu keyword tertentu.

Optimasi SEO OnPage ini dapat dilakukan dengan memaksimalkan beberapa hal berikut ini :

1. Optimasi Meta Title
Meta Title adalah judul dari konten blog yang anda miliki dan akan ditampilkan oleh Google pada halaman mesin pencari atau halaman hasil penelusurannya. Hal inilah yang merupakan salah satu kunci penting untuk suksesnya optimasi OnPage blog/web/situs yang anda miliki. Penulisan Meta Title yang baik, bombastis serta dilakukan dengan menyisipkan kata kunci yang kita bidik, akan mempengaruhi peringkat blog/web/situs anda pada hasil penelusuran mesin pencari.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam mengoptimalkan Meta Title ini :
  1. Menggunakan Heading 1 untuk Meta Title.
  2. Sisipkan kata kunci (keyword) di dalam Meta Title.
  3. Hindari penulisan kata kunci yang tidak berhubungan dengan isi konten (artikel) blog.
  4. Hindari penulisan Meta Title yang terlalu pendek.
  5. Gunakan maksimal 56 karakter untuk menuliskan Meta Title ini.
Dunia Blog

2. Optimasi Meta Description
Meta Description adalah uraian secara garis besar tentang isi blog/web/situs yang anda miliki dan juga akan ditampilkan di bawah judul blog anda pada hasil pencarian. Jika kita tidak membuat Meta Description, maka Google akan menampilkan secara acak isi dari salah satu konten blog yang anda miliki untuk dijadikan deskripsi dan akan ditampilkan pada halaman pencarian. Selain berguna untuk mesin pencari, Meta Description juga bermanfaat bagi calon visitor atau pengunjung blog, dan hal ini tidak menutup kemungkinan meski blog anda berada pada halaman 3 atau 5, namun blog anda akan dikunjungi terlebih dahulu karena memiliki Meta Description yang unik.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam mengoptimalkan Meta Description ini :
  1. Penulisan Meta Description harus berhubungan dengan isi konten blog/situs/web yang anda miliki.
  2. Meta Description ini hendaknya dituliskan dengan tidak melebihi 156 karakter dan jangan terlalu pendek.
  3. Hendaknya Meta Description dituliskan secara unik dan akurat menggambarkan isi blog/web/situs.
Demikianlah uraian Dunia Blog tentang optimasi SEO OnPage untuk mendongkrak posisi blog, semoga bermanfaat.

2 komentar:

Berkomentar yang baik dan sopan adalah cermin pribadi anda, isikan komentar anda tanpa spam, No Porno, No Promosi, No SARA, jangan menggunakan Anonimous dan jangan OOT.
Mohon maaf bilamana ada keterlambatan balasan komentar.

 
Toggle Footer