Breaking News
Loading...
Senin, 01 Juli 2013

MENCEGAH LINK AKTIF BERTENGGER PADA KOTAK KOMENTAR

22.16
Dunia Blog 91DUNIA BLOG. Salah satu upaya untuk dapat menaikkan peringkat atau pagerank blog adalah membatasi jumlah outbond-link sebuah blog, sebaliknya wajib untuk menaikkan jumlah inbond-link blog. Salah satu model outbond-link yang tidak kita kehendaki adalah 'bertenggernya' link-link aktif pada komentar-komentar pengunjung/visitor. Fitur blogger sebenarnya telah membantu dengan pengaktifan modus deteksi spammer dan modus moderasi komentar. Namun hal ini kurang cukup membantu, karena setiap saat kita mesti melakukan penelitian ulang tentang komentar spammer maupun memoderasi komentar untuk ditampilkan di blog. Bagi saya tindakan tersebut merupakan suatu hal yang sia-sia dan buang-buang waktu.

Berangkat dari pemikiran tersebut di atas, maka berikut ini saya akan usulkan untuk mempergunakan script yang secara otomatis dapat memberantas link-link aktif yang di sisipkan oleh para pengunjung/visitor yang tidak bertanggung-jawab alias hanya sekedar iseng.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut  :

Log in ke blog anda, kemudian pilih template selanjutnya pilih edit HTML, kemudian carilah kode ]]></b:skin> kemudian letakkan script berikut tepat di atasnya  :

#comments p a {display:none;}

Selanjutnya masih dalam mode edit HTML, carilah kode </head> dan letakkan salah satu script berikut tepat di atasnya  :

 |> Untuk mengganti link aktif dengan kalimat :

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/><script type='text/javascript'>
jQuery(document).ready(function(){
 jQuery("#comments p").find("a").replaceWith("<span>Peringatan: Link aktif otomatis dihapus</span>");
});
</script>

 |> Untuk mengganti link aktif dengan link temen-temen :

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/><script type='text/javascript'>
jQuery(document).ready(function(){
 jQuery("#comments p a").attr("href", "http://URL-anda.com/");
});
</script>

Keterangan :
Perhatikan script <script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/> ini tidak perlu anda copy bilamana di dalam template anda telah terpasang script jquery yang lain.

Langkah terakhir, simpan template anda. Dengan mempergunakan script-script tersebut di atas, anda tidak perlu repot-repot lagi untuk memoderasi setiap komentar yang masuk, karena setiap ada upaya pemasangan link-aktif maka akan terhapus secara otomatis.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

1 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya, membantu saya mematikan link aktif pada kotak komentar.

    BalasHapus

Berkomentar yang baik dan sopan adalah cermin pribadi anda, isikan komentar anda tanpa spam, No Porno, No Promosi, No SARA, jangan menggunakan Anonimous dan jangan OOT.
Mohon maaf bilamana ada keterlambatan balasan komentar.

 
Toggle Footer