Breaking News
Loading...
Sabtu, 18 April 2015

Platform Blogger.com otomatis Mobile Friendly (responsive)

15.27
Dunia Blog. Responsive Template atau yang dikenal dengan nama lain Mobile Friendly Template, kedepannya akan banyak diperbincangkan sekaligus diminati oleh para blogger di manapun ia berada. Hal ini sejalan dengan munculnya algoritma Google MobileGeddon yang akan diberlakukan mulai tanggal 21 April 2015. Apa yang dimaksud dengan Google MobileGeddon ini ? Berikut penjelasan aslinya.

"Starting April 21, we will be expanding our use of mobile-friendliness as a ranking signal. This change will affect mobile searches in all languages worldwide and will have a significant impact in our search results"

Artinya, "Mulai pada tanggal 21 April kami akan memperluas penggunaan mobile-friendly sebagai suatu sinyal ranking, perubahan ini akan mempengaruhi pencarian mobile dalam semua bahasa di seluruh dunia dan akan memiliki pengaruh signifikan di hasil-hasil pencarian kami".

Dunia Blog
Responsive Template

Dalam hal ini jelas terlihat apa yang dimaksud dengan sinyal ranking tersebut, yaitu berupa suatu tolok ukur yang akan dipergunakan oleh pihak Google (bersama dengan berbagai jenis algoritma-algoritma yang telah diluncurkan sebelumnya) untuk menentukan urutan ranking sebuah situs/blog atau halaman situs/blog.

Mobile Friendly
dalam hal ini dapat dikaitkan dengan RWD (Responsive Web Design) atau lebih dikenal dengan Responsive Template yang telah hampir setahun ini nyaring terdengar gaungnya di antara para blogger di Indonesia. RWD adalah sebuah layout web atau blog yang secara otomatis dapat menyesuaikan dengan lebar layar browser berdasarkan device yang dipergunakan untuk membukanya.

Pada tanggal 21 April 2015 mendatang, Google akan menggunakan serta memberlakukan faktor "mobile-friendly" ke dalam algoritma terbarunya "MobileGeddon" yang telah diluncurkan oleh pihak Google lebih dari satu bulan yang lalu. Berbeda dengan algoritma-algoritma sebelumnya yang mana kehadirannya baru dapat diketahui serta dirasakan setelah dimunculkan atau diluncurkan sehingga hal ini mampu mengecoh para pelaku SEO, serta tidak memberi kesempatan untuk melakukan kecurangan-kecurangan tertentu.

Platform Blogger.com otomatis Mobile Friendly (responsive)
Berbeda dengan platform-platform yang lainnya, platform Blogger.com akan otomatis Mobile Friendly (responsive), artinya template jenis apapun yang anda pergunakan, selama anda mempergunakannya dengan platform blogger, maka secara otomatis template tersebut akan menjadi responsive atau otomatis Mobile Friendly. Template-template asli atau bawaan blogger.com pun telah secara otomatis responsive tanpa kita perlu susah-susah untuk menambahkan kode-kode HTML responsive template. Silahkan perhatikan gambar-gambar hasil pengujian di bawah ini.

Dunia Blog
  Template asli bawaan blogger.com

Dunia Blog
Template buatan MasTemplate

Yang menjadi pertanyaan kita adalah, "Kenapa bisa begitu ..... ?". Jawabannya mudah, platform Blogger.com telah menyediakan fasilitas Seluler yang secara otomatis akan merubah template jenis apapun menjadi Mobile Friendly secara otomatis. Perhatikan gambar di bawah ini.

Dunia Blog

Jika anda masih belum percaya, silahkan anda menguji template-template platform Blogger.com dengan mempergunakan alat uji yang bernama Pengujian Situs Mobile-Friendly milik Google Developers, dan buktikan sendiri hasilnya.

Contoh hasilnya akan seperti gambar di bawah ini  :

Dunia Blog
Hasil pengujian dengan menggunakan Penguji Situs Mobile-Friendly

Demikianlah uraian kami, semoga dapat bermanfaat.

Next
This is the most recent post.
Posting Lama

5 komentar:

  1. berarti lebih bagus yah pakai platform blogger, untung bikin blognya dari blogger kalau begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari dulu aku lebih senang pakai platform blogspot.

      Hapus
  2. Mantap gan, baru tahu aku .....terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas bro ... aku sendiri juga baru tahu setelah bereksperimen .....

      Hapus
  3. Than Infonya gan....
    Mampir ke 1log2.blogspot.co.id bray....

    BalasHapus

Berkomentar yang baik dan sopan adalah cermin pribadi anda, isikan komentar anda tanpa spam, No Porno, No Promosi, No SARA, jangan menggunakan Anonimous dan jangan OOT.
Mohon maaf bilamana ada keterlambatan balasan komentar.

 
Toggle Footer