Breaking News
Loading...
Kamis, 09 April 2015

SEO OffPage dalam rangka Google MobileGeddon

06.26
Dunia BlogDunia Blog pada kesempatan ini ingin berbagi cerita tentang SEO OffPage dalam rangka Google MobileGeddon sebuah algoritma baru yang diterapkan oleh pihak Google mulai tanggal 21 April 2015 mendatang. Dalam algoritma yang baru ini Google akan mempergunakan lalulintas perangkat mobile sebagai acuan untuk menentukan peringkat sebuah blog/web/situs yang ada.

Search Engine Optimization (biasa disingkat SEO) pada dasarnya adalah merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis, yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju sebuah situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs/web pada posisi teratas halaman pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs/web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian tentunya memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung atau visitor blog.

SEO sendiri dibedakan ke dalam dua golongan besar, yaitu SEO OnPage dan SEO OffPage yang akan sedikit kita ulas dalam artikel ini. Untuk masalah SEO OnPage telah dibahas dalam artikel tentang Optimasi SEO OnPage untuk mendongkrak posisi blog, dan oleh karenanya tidak akan dibahas dalam tulisan ini. SEO OffPage pada dasarnya tidak akan dapat dilepaskan dengan masalah backlink blog, yang fungsi utamanya adalah menopang keberadaan sebuah situs/web atau blog.

Backlink adalah sebuah script link yang disusun berisi alamat suatu web/blog, yang dipasangkan ke dalam suatu situs/blog tertentu. Kenapa kita harus membangun sebuah backlink ? Karena backlink sendiri memiliki manfaat untuk menaikkan page-rank blog kita di dalam suatu mesin pencari seperti Google, Yahoo, Ask dan lain-lain. Jaringan internet di dunia sering disebut “the web” atau istilahnya jaring laba – laba. Jaring laba – laba ini terbentuk oleh benang – benang yang di buat oleh sang laba2. Bila semakin besar/lebar luas jaring laba – laba tersebut, maka jumlah mangsa yang akan diperoleh semakin besar.

Algoritma Google Mobile Geddon, pada hakekatnya menekankan pada lalulintas traffic sebuah situs/web atau blog dari perangkat mobile atau seluler atau smartphone yang saat ini diyakini Google sebagai pengguna terbesar mesin search engine-nya. Dalam kaitan tersebut, maka pemakaian responsive template untuk sebuah situs/web atau blog menjadi solusi utamanya, disamping tentunya masih ada metode-metode lain yang bersifat sebagai pendukungnya.

Artikel ini tidak akan membahas tentang responsive template, namun akan lebih berkonsentrasi pada masalah atau faktor-faktor SEO OffPage (backlink) dalam kerangka Google MobileGeddon tersebut. Backlink ini memang sangat dibutuhkan untuk mendongkrak posisi situs/web atau blog yang kita miliki dan sedang kita perjuangkan eksistensinya.

Di atas telah dijelaskan, bahwa MobileGeddon lebih menekankan diri pada lalu-lintas traffic dengan mempergunakan perangkat mobile, maka sudah sepantasnya dan tidak berlebihan bilamana kita juga berpikir dalam kerangka mobile tersebut, artinya kita harus berpikir tentang situs-situs apa saja yang biasanya diakses lewat perangkat mobile tersebut.

Dalam kaitan hal tersebut, setidaknya telah Dunia Blog deteksi bahwa situs-situs yang sering diakses lewat perangkat mobile adalah Facebook dan Twitter, oleh karenanya kita wajib memaksimalkan kedua situs tersebut untuk mendapatkan backlink yang sebanyak-banyaknya demi perkembangan situs/web atau blog yang kita miliki dan sedang kita perjuangkan tersebut.

Berikut ini adalah cara-cara optimasi SEO OffPage yang dapat kita lakukan, diantaranya :

Social Bookmark. Banyak sekali social bookmark di internet yang dapat kita gunakan untuk mempromosikan website kita. Beberapa social bookmark popular antara lain Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak yang lainya.

Forum. Ini salah satu media yang bisa kita gunakan dalam promosi website kita. Forum merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic dikarenakan banyak blogger yang juga aktigf dalam kegiatan forum. salah satu cara promosinya adalah dengan mem-post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita, thread harus sesuai dengan bahasan blog kita dan signature yang diberikan merupakan kata kunci yang kita pilih.

Artikel Directory. Artikel Directory digunakan untuk memperkenalkan website kita keberbagai orang dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website kita itu sangat efektif untuk mendapatkan visitor.

Website Directory. Masih banyak blogger yang jarang men-submit blog mereka ke website directory, padahal hal ini bisa berdampak besar pada traffic blog anda, kadang pada website baru untuk berada di page 1 Google sangat sulit dan dengan cara menginputkan website kita pada website directory hal itu bisa terjadi karena sebagian website directory mempunyai pagerank yang tinggi dan traffic yang bagus.

Social Media. Social Media merupakan hal penting dalam SEO, Sosial media dianggap sebagai tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia dan jika kita mendapatkan visitor yang masuk melalui social media itu Google menganggap visitor kita merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan blog kita bukan hanya orang yang sekedar lewat ke blog Anda. Sosial media yang dapat dan banyak digunakan orang adalah seperti Facebook dan Twitter, serta Google-Plus.

Demikianlah uraian Dunia Blog tentang SEO OffPage dalam rangka Google MobileGeddon, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. SEO OffPage alias backlink memang diperlukan oleh sebuah blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya, silahkan berkunjung kembali

      Hapus

Berkomentar yang baik dan sopan adalah cermin pribadi anda, isikan komentar anda tanpa spam, No Porno, No Promosi, No SARA, jangan menggunakan Anonimous dan jangan OOT.
Mohon maaf bilamana ada keterlambatan balasan komentar.

 
Toggle Footer